Thursday, May 24, 2012

Toko Buku = Best Escapism


Saya sangat suka pergi ke toko buku. Jika sedang bete, saya biasanya menjadikan toko buku sebagai eskapisme dari kebetean saya. Saya akan betah nongkrong disana berjam-jam sampai bete saya mereda, sampai pikiran saya teralih oleh tumpukan buku di rak-rak toko buku itu.
Yup, bookstore is a little piece of heaven.
Entahlah, tapi banyak sekali hal menyenangkan yang bisa saya temukan di toko buka. Bagi saya, seluruh sudut toko buku itu sangat menyenangkan untuk ditongkrongin. Sangat menyenangkan untuk berimajinasi tentang banyak hal.
Ke rak Novel, dijamin saya betah ngebacain sinopsisnya satu-satu. Ke rak Buku Anak, kebayang besok punya anak terus beliin dia salah satu dari buku-buku ini. Ke Resep Masakan, jangan tanya, bagian toko buku yang paling betah saya tongkrongin ya bagian buku resep-resep masakan. Antara pengen bikin sama pengen makan sih. Saya pernah dimarahin satpam Gramedia gara-gara ndelosor dengan pewenya di lantai Gramedia, mantengin buku-buku resep -_
Terus ke rak Komik, liat komik Smurf, rasanya pengen beli semua serinya, sayang komik Smurf itu mahal T_T, ke rak Interior, langsung berimajinasi yang iya-iya tentang future house (bukan tidak-tidak, diaminin aja, makanya iya-iya aja, bukan tidak-tidak .__.), ke rak Komputer dan Teknologi, mumet, rasanya kayak masuk ke dunia transformers *saya paling nggak betah si di section ini, dalam sekejap langsung ngacir ke rak lain*, ke rak Kebudayaan, pandangan mata langsung tertuju ke buku Primbon (ini beneran, sumpah buku Primbon itu lucu! Kalian harus baca!), ke rak buku Komunikasi, langsung inget tugas-tugas yang numpuk, berakhir ke rak Al Quran… langsung kebayang dosa-dosa duniawi, terus khilaf karena hedon buku.
*nunduk sambil mainan tanah*
Saya suka sekali ke toko buku. Dan sialnya, toko buku sangat bisa bikin saya jadi impulsif. Tahan beli baju, gampang. Tahan beli tas, gampang. Tahan beli sepatu, lumayan. Tahan beli buku… NYERAH! SUSAH BANGET! Dan tadi sore, atas nama perasaan yang lagi bete berat dan uring-uringan, saya berakhir dengan beli dua buku. Yang satu novel fiksi, yang satu Cacing dan Kotoran Kesayangannya 3! Meeen, yang volume 3 udah keluar, mana bisa saya enggak beli!
Lupa kalo sekarang tanggal tua -___-
Kalau saya sedang ada di toko buku, saya bisa lupa diri. Karena itulah saya paling suka sendirian kalau pergi ke toko buku. Rasanya seperti bisa berpindah-pindah dunia, dari satu dunia ke dunia lain, dari satu rak ke rak lain. Masalah rasanya keslamur ilang, yah walaupun abis keluar dari toko buku masalahnya mbalik lagi -_-
Dan saya bisa benar-benar sampai lupa diri, saya pernah nangis sampe mbrambangi gara-gara baca buku anak-anak di Gramedia. Masih inget banget, bukunya warna pink, gede, judulnya I Love You, Mom. Saya mbrambangi, nangis. Sumpah nggak bohong. Tapi beneran bukunya itu unyu banget :’’(
Sore ini, dengan perasaan bete carut marut--entah karena PMS atau apa ini--akhirnya saya (lagi-lagi) melarikan diri ke toko buku. Walaupun pulang dengan membawa dua buku hasil kekhilafan, tapi… I never regret it. Buku itu narkoba buat saya. Nagih. Kalau buat buku, saya enggak masalah jadi hedon :P

Setiap orang punya eskapisme sendiri ketika sedang suntuk. Ya, buat saya tempat itu adalah toko buku.
Sesederhana itu.

No comments:

Post a Comment