Monday, May 28, 2012

Mensyukuri Sakit


Semua orang pernah sakit. Sakit itu tidak enak. Saya punya lima jenis penyakit yang sering banget hinggap di saya sampai-sampai saya hafal tabiat saya kalau lagi kedatengan lima makhluk Tuhan paling seksi ini:
1.   Diare
Diare adalah penyakit paling menyebalkan di dunia ini. Entahlah, tapi tiap diare menyerang, selalu timbul perasaan semacam i-don’t-wanna-live-in-this-world-anymore. Rasanya seperti hidup ini nggak berguna dan sia-sia. Putus asa, lemah, dan sedih menghampiri. Toilet menjadi saksi biru emosi yang mengharu biru ketika penyakit ini menyerang. Beneran, saya paling nggak suka kalau harus diare. Entah kenapa penyakit ini nggak hanya menyerang fisik saya tapi juga menyerang sisi emosional saya :( Ada yang bisa menjelaskan?
2.   Pilek
Pilek itu njijiki. Kalau saya pilek, apalagi pilek yang lumayan akut, saya bisa menghabiskan tissue berlembar-lembar. Bahkan saya bisa aja tidur bertaburkan tissue. Selain itu umbel yang sentrap sentrup bikin saya males dekat-dekat dengan orang lain. Doa jangan pilek adalah doa yang pertama kali saya panjatkan dulu ketika pertama kali jalan sama gebetan waktu jaman muda dulu. Selain itu, kata teman saya suara saya kalau lagi bersin ngilfilin banget, dia bilang dia nggak mau sama saya karena udah pernah liat saya bersin. Akhirnya, kemaren saya akhirnya bersin dengan lantangnya di depan pacar, alhamdulillah dia masih mau sama saya *tos*
3.   Batuk
Batuk bikin enggak bisa tidur! Benar-benar menyiksa. Ketika orang sakit itu hanya pingin tidur, penyakit ini bikin saya enggak bisa tidur karena gatalnya bikin saya batuk melulu dan akhirnya nggak ngantuk lagi. Namun begitu, ada satu hal yang saya suka dari sakit batuk: Obatnya Enak! Obatnya cair, bahkan ada yang rasa strawberry. Rasanya pun adem sengkring-sengkring di mulut dan tenggorokan. Saya paling semangat kalau disuruh minum obat batuk. Sampai saya mendengar kalau obat batuk emang ternyata beneran bisa bikin kecanduan.
Mampus.
4.   Pusing
Kalau yang diatas itu adalah penyakit sejuta umat, maka Pusing sampe mungkin nggak bisa dikategorikan lagi sebagai penyakit saking seringnya saya alami. Indikasi penyebab pusing juga sangat absurd bin random. Banyak tugas pusing, nggak ada kerjaan pusing, sakit hati pusing, nyebelin banget kan pusing itu? Sialnya, begitu udah pusing, saya bisa males ngapa-ngapain. Sayangnya, lebih sialnya lagi, obat andalan saya kalo lagi pusing dan harus mengerjakan banyak hal cuma satu: Paramex.
Dan begitu saya udah minum Paramex… jangan tanya efek sampingnya ke saya kayak gimana. Selain dalam lima menit pusing saya langsung hilang, saya reflek akan gembira riang ceria hiperaktif dan nyanyi-nyanyi sendiri, nggak tau kenapa.
Narkoba saya cetek sekali, Paramex. Nggak elit.
5.   Demam
Kalau lagi demam saya bakalan berubah jadi manja. Saya nggak doyan makan, minum, pokoknya nggak doyan ngapa-ngapain. Yang saya ingin lakukan cuma berdiam diri di kamar sambil selimutan. Demam bisa bikin saya lupa diri, bikin saya merasa hanya ada saya di dunia ini. Entah karena kuping saya yang suka ngang nging ngang nging kalau sedang demam atau selimut saya yang tebal dan nyaman, tapi, percayalah, istirahat sakit ternyaman akan kamu alami ketika kamu sedang demam.

Kalau kata orang bijak, penyakit itu jangan dibenci, jangan juga disumpah-sumpahin. Disambut saja dengan penuh suka cita, nanti efeknya bisa beda banget.
Kalau sedang sakit, rasanya memang menyebalkan sekali. Terus bawaannya mengeluh, mengeluh sama Tuhan terutama, apalagi kalau masih banyak hal yang harus kita kerjakan.
Egois adalah hal pertama yang akan kita rasakan ketika sakit. Inginnya semua mengerti kita, inginnya semua paham dengan kondisi kita. Tapi, egois ternyata ada batasnya. Batasnya ada dua, minimum dan maksimum. Artinya kita tidak boleh jadi orang yang sama sekali nggak egois. Egois itu perlu, toh kita ini manusia yang mau enggak mau pasti mendahulukan kepentingan pribadi dong. Saya juga enggak mau munafik, saya ingin membahagiakan diri sendiri dulu, baru kemudian bisa membahagiakan orang lain. Hemat saya sih, bagaimana mungkin saya bisa bikin orang lain bahagia kalau diri saya sendiri aja belum bahagia? Logis.
Tapi egois juga ada batas maksimumnya. Iya deh, saya paham, setiap orang memang memiliki kepentingan dan prioritas yang berbeda-beda dalam hidup. Kita juga diciptakan dengan udel-udel masing-masing satu tiap orang, yang artinya, terserah kita juga mau ngapain, orang ini hidup juga hidup kita, resikonya yang nanggung juga kita kan.
Saya sering merasakan hal ini. Cuma, kalau ingat betapa saya juga sering egois, saya menahan diri. Sekuat mungkin menahan untuk enggak egois. Sekuat mungkin menahan untuk tidak melulu memikirkan kepentingan saya sendiri. Berusaha mengingat orang-orang yang dengan baik hatinya mau menomorduakan kepentingannya demi saya. Saya mencoba berpikir terbalik, mencoba berpikir sekali saja bukan dari perspektif saya.
 Ohya fyi, metode berpikir terbalik ini sangat efektif ketika lagi mangkel dan marah sama orang lho. Seperti misalnya kalau ada orang ngebut dan berkendara dengan ngawur yang bikin mulut otomatis misuh gitu, saya langsung mikir, “Sarah, maklum Sarah.. itu anaknya nunggu di rumah lagi sakit… Sarah, maklum sarah, masnya itu lagi buru-buru mau ketemu pacarnya, udah 3 tahun gak ketemu.. sarah.. maklum Sarah… mbaknya itu utangnya banyak banget nggak tahu mau bayar pake apa…”
Cling sim salabim emosi hilang.
Semudah itu :D
Sulit dan terdengar sangat Mario Teguh ya? Apa banget ya kesannya ya? :p
Tapi beneran deh, rasanya habis itu lega :)
Serius.

Saya membuat list lima penyakit terdahsyat ala Sarah ini *macak On the Spot* sebagai usaha supaya selalu bisa menyambut sakit dengan lapang dada. Dengan begitu saya (semoga) bisa mengurangi merepotkan orang lain.
Kalau sedang sakit, apa yang kamu lakukan? :)

No comments:

Post a Comment