Monday, June 15, 2015

The It Person

Hari ini saya mendadak teringat dengan salah satu adegan di TV series kesukaan saya, Ghost Whisperer. Disitu diceritakan adegan ketika suami Melinda, Jim, diikuti oleh sesosok hantu wanita yang ternyata adalah mantan model. Hantu wanita itu mengikuti Jim dengan harapan Jim bisa membantunya menyampaikan ‘unfinished business’-nya dengan seseorang.

Yang justru menarik bagi saya bukan cerita bagaimana si hantu model itu bisa menyelesaikan unfinished business itu, tapi adalah alasan mengapa si hantu memilih Jim sebagai messengernya.

Turns out, si hantu ini dulunya adalah teman SD Jim, dan ia bercerita bagaimana dulu hanya Jim-lah satu-satunya yang pernah mengatakan pada dirinya bahwa ia cantik di saat teman-temannya yang lain membully dia.
Satu kalimat dari Jim itu-lah yang menyemangatinya untuk kemudian memoles dan mempercantik diri dan akhirnya bisa menjadi model terkenal. Gara-gara kalimat Jim, ia jadi percaya bahwa ia cantik,

Setelah menonton film itu, saya jadi berpikir, tidakkah kita semua pernah merasakan apa yang dirasakan oleh si hantu?

Kita semua punya ‘it person’. Orang yang kehadirannya di bumi ini mampu mengubah kita seluruhnya. Tidak selalu harus orang penting sih, kadang-kadang mereka adalah orang-orang yang sangat sepele, tapi bertahun-tahun kemudian saat kita melihat ke belakang, kita baru sadar betapa orang tersebut telah mengubah cara pandang hidup kita selamanya.

Mungkin ada yang berubah jadi alim dan sopan hanya setelah melihat anak kecil kecelakaan di depan rumahnya. Ada yang jadi playboy kawakan setelah diputusin pacarnya yang hanya jalan tiga bulan. Banting setir jadi anak band setelah melihat pengamen yang bermain musik demikian piawainya.

Tentunya, yang saya sebutkan di atas hanyalah contoh random.

Tapi… Tidakkah ini benar?

Bukankah kita memiliki seseorang yang bisa bikin kita jadi percaya atau tidak percaya dengan sesuatu selamanya setelah bertemu dengannya?

Dan jika dipikir-pikir lagi… Bagaimana jika kita sendiri juga telah menjadi ‘it person’ bagi orang lain? Bagaimana jika perbuatan atau kata-kata kita ternyata telah mengubah jalan pikir seseorang… Selamanya?
And we don’t even realize it.
Isn’t that scary?



Sometimes we have no idea the effect we can have on other people.
You know, it's things that we forget are turning points for someone else.
(Melinda Gordon – Ghost Whisperer)


No comments:

Post a Comment