Monday, June 3, 2013

Dian Sastro

Di luar hujan deres. Sama kayak air mata yang jatuh tumplek di pipi gue saat ini. Persetan dengan pepatah boys don’t cry, gue nggak peduli!
Cewek itu emang nggak tahu aturan! Gue tuh sayang sama dia, kenapa dia harus mutusin gue??!
Nama gue Ozha, dan lo pasti bisa ngerti kan, perasaan cowok yang diputusin cewek tanpa alasan? Gondok tahu nggak. Uh, sebenernya gue malu nangis, tapi gue nggak tahan. Gue udah pacaran sama dia 3 tahun, asal lo tahu.
Akhirnya gue tidur, kecapekan nangis. Besok gue mau ke toko buku ah, siapa tahu ada buku yang bisa bikin gue ngelupain patah hati gue ini.

***

Di toko buku, gue tetep belum bisa ketawa. Tadi pagi aja, nyokap sampe ngira gue kemasukan setan, secara gue yang biasanya sarapan 2 piring mendadak nggak nafsu sarapan. Ah. Hidup serasa di neraka. Kepengen mati aja rasanya. Linglung.
Perhatian gue tertuju pada sebuah majalah, EDISI KHUSUS DIAN SASTRO.
Mata gue langsung ijo. Langsung deh gue ambil tuh buku.
Tapi, tiba-tiba…
“Permisi ya Mas, tapi saya duluan yang mau beli majalah ini.” Kata seorang cewek yang tiba-tiba nggak ada angin, nggak ada hujan muncul di depan gue, kayak jin. Masih pake seragam SMA lagi. Majalah yang tadi ada di tangan gue langsung disabet nggak pake ba-bi-bu dulu. Dasar kunyuk! Mana stok majalahnya tinggal satu lagi. Sial! Itu majalah kan special edition Dian Sastro, huaa, sayang kalo nggak dapet! Lagian nih kan majalah cowok, ngapain kunyuk ini beli segala?
“Ngapain liat-liat?! Mas kalo mau beli di agen depan sekolah saya aja. Disana masih banyak. Jangan marah sama saya.” Cewek ini tetep cuek sambil melototin gue.
 Kalo gitu  kenapa lo nggak beli di depan sekolah lo aja?!’. Rasanya gue kepengen teriak. Tapi nggak usahlah, nggak jadi. Nggak berkelas. Lagian gue sebagai anak kuliah yang mau lulus harus ngalah sama anak SMA, cewek lagi.
“IIH! MAS NGGAK RELA YA MAJALAHNYA DIAMBIL!!” Tuh cewek malah teriak, bikin orang-orang jadi pada nengok. “Ya udah, buat mas aja! Saya bisa kok besok pagi beli di depan sekolah! Dasar orang gede! Mentang-mentang saya masih SMA!” lanjutnya enteng sambil ngelempar majalahnya ke gue. Dasar bocah!
Tenang, tenang, tarik nafas dalem-dalem, kalem... anak kecil...jangan emosi…“Eh, adek. Nggak papa kok. Lagian adek duluan tadi yang ambil. Nih.” Gue berakting tersenyum sambil menyerahkan majalah itu ke bocah kunyuk ini.
Gue yakin cewek ini bakal nolak sambil dalam hati bilang ‘Aduh, mas ini ternyata baek.’, tapi kenyataannya…
“Ya udah deh kalo mas nggak mau. Makasih.” Jawabnya cuek, sambil mengambil majalahnya kembali, terus langsung ngacir ke kasir.
GEBLEEEEKKK! Nih cewek langka bener, nggak mesti 10 tahun diproduksi lagi!

***

Dengan mood yang masih berantakan gara-gara bocah nyebelin tadi, gue memutuskan buat ngopi bentar di kafe. Tadinya mau ngilangin patah hati sambil memandang foto-fotonya Dian Sastro, tapi kenyataannya setan kecil yang nyebelin tadi memporak-porandakan semuanya.
Gue menyeruput moccacino dalam-dalam sambil memperhatikan sekeliling. Siapa tahu ada yang cakep, heuheuheu.
Lagi asyik-asyiknya ngeliatin cewek… bagaikan tokek di sarang merak… seorang cewek bikin mata gue keracunan!
Siapa lagi kalo bukan cewek kecil nyebelin itu tadi!! Ngapain dia ada disini??!
Udah terlambat bagi gue buat pura-pura nggak ngeliatin tuh cewek karena akhirnya dia ngeliat gue! Mati!
“Eh si mas! Ketemu lagi!” sapa cewek tuh, kali ini sambil tersenyum.
Gue Cuma tersenyum sopan. Jaim dikit nggak papa donk, walaupun dalam hati gue kepengen nyolok mata dia.
Tapi, tiba-tiba dia naruh minumannya di depan gue!! Kurang ajar nih anak! Ditawarin aja nggak, kok dengan seenak udelnya dia duduk di depan gue! Bener-bener minta dipites!
Belum sempet gue ngomong lagi, dia udah nyerocos. “Saya boleh duduk disini nggak mas? Males ah sendirian. Lagian penuh tempatnya. Mas nggak lagi nunggu siapa-siapa kan?”
Dengan begonya gue ngangguk. Akhhh, nyesel, dasar lemot gue ini!!
“Ya udah mas, nih saya pinjemin majalah. Mas juga kepengen baca kan?” cewek itu menyodorkan majalah yang tadi gue rebutin sama dia. “Oh iya… saya Tyraz…”
Gue ngebales uluran tangan cewek itu, eh Tyraz. “Ozha…”
Tyraz tersenyum, maniiis banget…kayak gula. Sayang hanya sekejap. Eh, gue nih mikir apaan sih?!
Gue pikir Tyraz bakalan nyerocos lagi, tapi ternyata dia diem aja, sambil ngeliatin jendela. Nih cewek punya kepribadian ganda kali ye.
Ya udah, daripada gue basi diem, mending gue baca deh majalah yang ditawarin Tyraz.
Waaaw, gila men! 20 halaman full Dian Sastro! Profil Dian, Mantan pacar Dian, wawancara eksklusif Dian, foto Dian tampak belakang, tampang depan, tampak samping, close up, matanya aja, idungnya aja, eh bercanda deng. Yang terakhir itu lebay aja.
“Mas suka Dian Sastro ya?” tiba-tiba Tyraz nyeletuk, bikin gue hampir loncat dari tempat duduk.
“Eh, eh…. Iya, suka, suka banget.” Jawab gue gugup. Cih, sejak kapan gue salting ngadepin cewek?!
Tyraz menghela nafas panjang. “Kayak Vino…” gumamnya.
Gue nggak ngerti, apa? Vino? “Apa kata kamu?”
“Vino mantan pacar saya…” jawabnya pelan. “Baru putus tadi malem…” suaranya makin pelan.
FOR GOD’S SAKE! Ini takdir, kebetulan, atau apa sih? Mungkin Tuhan sengaja mempertemukan gue sama cewek ini. Rasanya gue kepingin teriak kalo gue juga baru putus tadi malem. Tapi, nggak ah. Jaga imej donk.
“Dia yang mutusin saya mas… Padahal, saya, saya masih sayang banget sama dia…”
OH MAI GAT. OH MAI GAT. OH MAI GAT. Gue yakin ini bukan sekedar kebetulan. Ini pasti kemauan Tuhan.

to be continued...

(Jogja,  Agustus 2007)

No comments:

Post a Comment