Sunday, May 31, 2015

Tahi Lalat yang Mahal

Saya punya tahi lalat yang ukurannya cukup besar. Ukurannya sekitar 2mm. Terletak di dahi bagian samping.

Saya tak pernah begitu terganggu sih dengan tahi lalat ini. Toh ukurannya masih normal dan tidak menganggu fungsi tubuh saya sama sekali. Jadi saya cuek-cuek saja.

Dulu, waktu saya kecil dan adik saya masih balita, saya sering menggunakan tahi lalat ini sebagai permainan on-off robot-robotan. Jadi, jika adik saya memencet tahi lalat ini, saya akan pura-pura tidur. Jika ia pencet lagi, saya akan bangun sambil menjulurkan lidah.
Permainan yang sungguh bodoh dan nggak penting. Maap.

Sampai semakin saya besar, tahi lalat ini mulai jadi bahan guyonan teman-teman saya. Ngeselin. Abis.

Pernah suatu saat ketika sedang antre menunggu abang nasi goreng memasakkan pesanan saya, tahi lalat ini berulah.
Mamang-mamang sebelah saya yang sedang nunggu pesanan juga “sambil menunjuk kepala saya*: “Mbak… Itu ada nyamuk mbak.”
Saya *reflek menepuk pipi: “Hah?”
Mamang-mamang nyebelin: *ketawa ngikik*
KAN KESEL KAN.
>:(

Ada juga suatu saat dimana teman saya nyeletuk “Sarah, itu tombol di kening buat apa sih?”
Atau
“Sarah kalo makan jangan belepotan dong, itu kismis sampe kemana-mana”

KAN KESEL KAN.

Nah hari ini sewaktu saya berkunjung ke rumah salah satu teman lama orang tua saya di Makassar, saya akhirnya lumayan senyum-senyum gegara keberadaan tahi lalat ini.

Ibu Daeng: “Wah, mbak Sarah ini nanti kalau dibeli harganya mahal…”
Saya *shock denger kata dibeli. Emang saya dijual…* : “Ha? Dibeli Bu?”
Ibu Daeng: “Iya, kalau beso menikah, mau harga dinaikin berapapun pasti dibolehin…”
Saya: ???
Ibu Daeng: “Maharnya…”
Saya: “Oh… Kenapa memangnya Bu?”
Ibu Daeng: “Itu ada tahi lalatnya di dekat kening. Kalau di Bugis, itu artinya ‘naik terus’. Karena letaknya ada di dekat dahi yang artinya menuju ke atas. Nah jika laki-laki ditemani oleh perempuan yang ada tahi lalatnya di situ, nanti pasti dagangannya laris… rejekinya meningkat terus… Jadi perempuan seperti ini pasti banyak yang mau…”

Alhamdulilah yah.
Saya nyengir. Sambil dalam hati mengamini saja.

Buahahahahaha!

Oke, mungkin ini saatnya mencari laki-laki bugis.
Mau kita buka di harga berapa inih? *ketok palu*


1 comment: